Simplicity

May 17th, 2010

Karakteristik SOA

Posted by Didit Adipratama in SOA-Service Oriented Enterprise

SOA merupakan suatu perancangan aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang sudah ada sebelumnya. Aplikasi dibangun secara independen atau modular. Perbedaan SOA dengan Object Oriented Programming yang sebelumnya telah mem-booming, yaitu SOA merupakan komponen atau service yang dibangun dan dapat berinteraksi satu sama lain secara bebas dan lepas atau disebut loose coupled. Dengan demikian, program dapat memanggil service tersebut tanpa memperhatikan lokasi dan platform apa yang digunakan oleh service tersebut. Hal inilah yang membuat sebuah service pada SOA dapat dipanggil oleh service lainnya pada saat run-time. Contohnya pada aplikasi core banking yang menyediakan sebuah service Fund Transfer. Penerapan SOA dapat membuat aplikasi-aplikasi lainnya dapat memanggil service Fund Transfer tersebut tanpa harus tahu lokasi dimana jaringannya dan teknik pemanggilan yang harus digunakan.

Karakteristik lainnya adalah SOA disusun atas 2 hal: Service Interface dan Service Implementation. Service Interface merupakan parameter input/output dan lokasi untuk dapat dipanggil oleh service lainnya. Misalnya, service interface untuk lookup NIM mahasiswa, yang menyatakan bagaimana untuk mendapatkan informasi dari seorang mahasiswa (dari nama, tanggal lahir, atau NIM). Service Implementation adalah logic atau coding dari lookup mahasiswa tersebut dijalankan. SOA tidak tergantung dari bahasa pemrograman apa yang sedang digunakan, tetapi, yang palin penting adalah bagaimana service tersebut dipanggil dan dapat memberikan informasi.

Karakteristik SOA yang terakhir adalah service tersebut harus business oriented.  Maksudnya, setiap service yang akan dijalankan harus melakukan suatu aktiitas bisnis tertentu, mislanya pada Core Banking Customer Lookup, Fund Transfer, Check Inventory, dan sebagainya. Dapat dilihat bahwa hubungan antara SOA dan Web Services sangat erat, dan keberhasilan SOA belakangan ini juga di support oleh tingginya pemakaian web services di pengembang aplikasi.  Walaupun ide tentang SOA telah ada sebelum web services dilahirkan, web services dan SOA saat ini telah menjadi suatu sinergi dan bahkan beberapa kalangan menganggap dengan menggunakan web services maka ia telah menerapkan SOA.

Leave a reply

:mrgreen: :neutral: :twisted: :shock: :smile: :???: :cool: :evil: :grin: :oops: :razz: :roll: :wink: :cry: :eek: :lol: :mad: :sad:

  • Monthly

  • Binusian Link

  • Meta

    • Subscribe to RSS feed
    • The latest comments to all posts in RSS
    • Subscribe to Atom feed
    • Powered by WordPress; state-of-the-art semantic personal publishing platform.
    • Firefox - Rediscover the web